IDBagi-Merupakan Media Informasi Online Yang Menyajikan Beragam Topik Berita Dengan Sajian Menarik Dan Dapat Dibaca Untuk Semua Kalangan.

Kamis, 15 Desember 2016
Berlangganan

7 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Berbicara tentang keindahan alam tidak akan ada habisnya, salah satunya termasuk air terjun. Kekuatan alam telah membentuk permukaan bumi sejak dulu kala, sehingga memunculkan berbagai bentuk indah dan khas seperti air terjun. Di alam banyak sekali jenis maha karya yang unik ini, mulai dari keindahannya, lebarnya, besarnya hingga dari ketinggiannya.

Proses terbentuknya pun sungguh unik, mereka terbentuk dalam waktu jutaan tahun. 

Berikut merupakan tujuh air terjun paling tinggi di dunia, yang baru ditemukan sampai saat ini:

1. Angel Waterfall

merupakan air terjun tertinggi didunia dengan ketinggian 979 Meter  (3.212 kaki)  air terjun ini terletak di Rio Cainoni Taman Nasional Cainama Pertama ditemukan Oleh Ernesto de Santa Cruz Pada Awal Abad 20.Sejak Ditemukan Pertama Kali belum Dikenal Sampai akhirnya ditemukan pertama kali Oleh James Crowford Angel Yang Pertama Kali Terbang Untuk Mencari Tambang Emas Pada Tahun 1936. Suku Indian Pemon (penduduk setempat) menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan". Nama itu diambil, karena banyaknya pendaki yang mencoba menaklukkan gunung itu tidak pernah kembali, suku Indian Pemon percaya mereka yang tidak kembali telah berpindah ke tangan penguasa sungai.
2. Tugela Waterfall

Terletak ditaman Nasional Kwazulu, Provinsi Natal, Republik Afrika Selatan, Dengan Ketinggian 948 meter (3,110 Kaki)
3. Tres Hermanas Waterfall

tinggi totalnya 914 meter.Terletak di taman nasional Otishi, Junin region, Peru, Tres Hermanas atau three sisters falls termasuk air terjun tertinggi ketiga di dunia. Uniknya, sebelum air sampai ke dasar tebing, air mengalami benturan dengan permukaan tebing sebanyak tiga kali, dua diantaranya terlihat jelas namun satu lagi nyaris terhalang rindangnya pohon
4. Olo’upena Waterfall

Terletak di molokai, Hawai, Olo’upena termasuk yang paling tinggi keempat di dunia dan tertinggi di Amerika serikat, dengan ketinggian 900 meter. Rindangnya hutan tropis yang menutupi puncak tebing membuat air terjun ini sedap dipandang mata.Untuk bisa mencapai puncaknya, para traveler harus menggunakan helikopter, karena tidak adanya track atau jalan setapak untuk kesana.
5. Yumbilla Waterfall

Untuk mencapai yumbilla kita membutuhkan seorang pemandu, karena lokasinya berada di dalam hutan, dan belum ada penunjuk jalan. Biasanya traveler menginap terlebih dahulu di kota kecil Cuispes, lalu melakukan pendakian selama satu setengah jam.Bertingkat-tingkat dan indah dipandang mata, Yumbilla waterfall memiliki ketinggian total 896 meter, menjadikannya air terjun tertinggi ke lima di dunia. Yumbilla terletak di daratan Amazon dekat kota Cuispes, Peru, dan termasuk air terjun bertingkat terindah.
6. Vinnufossen/Vinnufallet Waterfall

Vinnufosen merupakan air terjun paling tinggi di daratan eropa dan keenam di dunia, dengan setinggi 865 meter. Terletak di desa Sunndal, More og Romsdal, Norwegia. Air Vinnufosen berasal dari aliran sungai Vinnu yang bersumber dari pegunungan Vinnufjellet. Vinuufosen telah menjadi tempat wisata populer di Norwegia.Kesan pertama melihat Vinnufosen yaitu seperti bukan sebuah air terjun, karena airnya seakan menempel di dinding tebing saat jatuh ke bawah. Hal itu dikarenakan, kemiringan tebing yang landai serta banyaknya rekahan pada dinding tebing yang membuat air masuk ke dalamnya.
7. James Bruce Waterfall

Sumber air james bruce berasal dari gletser yang mencair dan membanjiri dinding batu ngarai terjal sebelum sampai di teluk Princess Louisa. Untuk menikmati indahnya James burce, para traveling harus mencapainya melalui perahu boat, dilanjutkan mendaki hingga bukit agar mencapai titik pandang ideal.
James bruce waterfall merupakan air terjun paling tinggi di benua Amerika bagian utara, tepatnya di Taman nasional Princess Louisa Marine, British Colombia, Kanada. Dengan tinggi total 840 meter, menjadikannya tertinggi kesembilan di dunia.